Fungsi Retinol

Buat kamu yang aktif menggunakan produk perawatan kulit anti-aging, pasti sadar bahwa ada banyak bahan tercantum di label kemasan. Salah satu bahan yang mungkin kamu familiar adalah retinol. Namun, sudah tahukah kamu fungsi retinol bagi kulit?

 

Fungsi Retinol pada Skin Care

Sejak dulu, retinol dikenal mampu merawat keremajaan kulit dengan cara meregenerasinya. Tapi sebenarnya apa saja sih fungsi retinol secara umum?

  1. Melawan hiperpigmentasi

Salah satu fungsi serum retinol adalah untuk menyamarkan bintik-bintik hitam di wajah serta mengurangi hiperpigmentasi. Namun, kamu perlu memperhatikan penggunaannya agar tidak kehilangan manfaatnya.

Pada penggunaan pertama, gunakan retinol dengan kandungan kurang dari 1% pada malam hari agar kulitmu bisa beradaptasi.

 

  1. Mencegah kerutan tanda penuaan dini

Tretinoin, salah satu jenis retinol, dapat menyamarkan keriput dan garis-garis halus di kulit. Itu karena tretinoin merangsang produksi kolagen dan memperlancar aliran darah di bawah kulit dan menjadikannya lebih sehat.

Selain itu, senyawa tretinoin juga membantu menyamarkan bintik hitam dan mencegah bintik kulit pemicu kanker (actinic keratosis) dengan menghalau sinar UV pada wajah.

 

  1. Meningkatkan produksi kolagen

Sekilas disebutkan di poin 2, retinol mampu merangsang produksi kolagen. Kolagen sangat berguna untuk memperkuat dan menghidrasi kulit wajah sehingga tetap kenyal. Efek bagusnya, garis-garis halus dan kerutan pun tersamarkan.

 

  1. Sebagai antioksidan

Fungsi retinol juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit. Jika digunakan secara konsisten, kulit wajahmu akan tampak semakin halus.

Tips Memilih Produk Retinol

Setelah tahu fungsi retinol, selanjutnya kamu juga wajib tahu cara memilih produk retinol.

Temukan formula yang cocok untukmu

Kulit setiap orang bereaksi berbeda terhadap produk skin care termasuk retinol. Karena itu, pada penggunaan awal, gunakan produk dalam jumlah sedikit. Lalu, tunggu selama beberapa hari untuk melihat reaksi kulit wajahmu. Kalau cocok, lanjutkan dengan memberi jeda, semisal 2 hari seminggu.

 

Kombinasikan dengan tepat

Memilih produk yang bisa digunakan dengan retinol sangat penting agar hasil maksimal sekaligus menghindari kombinasi yang salah.

Berikut adalah beberapa kombinasi bahan yang tidak boleh digunakan bersama retinol:

 

  1. Vitamin C + Retinol
  2. Retinol + Retinol
  3. Retinol + AHA & BHA
  4. Retinol + Benzoyl Peroxide

 

Gunakan dengan hati-hati

Pada awal-awal pemakaian, kamu dianjurkan menggunakan retinol pada malam hari saja. Perhatikan reaksi kulitmu di pagi hari, jika kulitmu terasa jadi terlalu sensitif atau memerah, coba kurangi frekuensi pemakaiannya.

Ahli kecantikan berlisensi, Amanda von dem Hagen, menyarankan menggunakan serum retinol satu-dua kali pada minggu pertama. Jika terjadi kemerahan atau kelupas, gunakan seminggu sekali selama sebulan, lalu tingkatkan jadi 2 kali seminggu.

 

Gunakan tabir surya

Karena retinol membuat kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, kamu wajib memakai tabir surya di pagi dan siang hari. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tekstur yang mudah diserap kulit agar kulit nyaman. Setelah menggunakan retinol, ada baiknya menunggu 20-30 menit agar kandungan menyerap sebelum mengaplikasikan produk selanjutnya.

Kiehl’s Retinol Skin Renewing Daily Micro-Dose Serum cocok buat kamu yang baru pertama kali pakai retinol. Formulanya dibuat untuk menyamarkan kerutan di wajah, menghaluskan tekstur kulit, dan menjaga kekencangan kulit.

Fungsi retinol memang bisa sangat bermanfaat untuk keremajaan kulitmu. Dengan mengetahui fungsi dan tips penggunaannya, kamu bisa menjaga kondisi kulit wajahmu agar tetap segar dan awet muda.

Meta-description: Sebelum mulai rutin memakai retinoid, ketahui fungsi retinol bagi kulit wajah di sini. Bantu peremajaan kulit dan jaga elastisitasnya agar tampak awet muda.

 

Sudah Tahu? Ini Cara agar Fungsi Retinol Maksimal

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.