Ada masa dalam kehidupan Doyle Brunson saat dia beranggapan bahwa andai dia menciptakan Hall of Fame, tersebut untuk bermain basket, bukan permainan kartu. Itu benar, pemain situs poker terpercaya yang sangat dikenal di planet ini tadinya mempunyai rencana guna mengenakan setelan guna Lakers, namun cedera lutut dan nasib mengolah jalan Brunson dalam kehidupan, dan ia justeru mungkin menjadi kontributor terbesar guna permainan poker yang pernah terdapat ada.

Latar Belakang Brunson

Fakta bahwa Brunson masih ada hingga sekarang ialah keajaiban kecil menilik permainan poker yang dimainkannya sekitar tahun 1950-an. Brunson menemukan garis-garis pokernya dengan bermain penjahat, pencuri, dan lainnya dengan jumlah yang sama laksana orang-orang teduh yang naik-turun apa yang disebutnya “Jalan Raya Berdarah.” Permainan hari ini lumayan sulit, namun bayangkan menjadi Doyle Brunson, di mana ia tidak melulu perlu cemas tentang memenangkan sebanyak uang guna menghidupi keluarganya tetapi pun harus cemas akan dirampok, dibajak, atau bahkan lebih buruk. Untungnya dia bertemu dengan sejumlah orang dan mereka seluruh sepakat guna saling mengawasi. Oh, dan belum lagi mereka lumayan pandai bermain poker sendiri. Mereka ialah Sailor Roberts dan “Amarillo” Slim Preston. Di antara ketiganya, mereka lantas memenangkan 16 gelang World Series of Poker, dengan Brunson mengklaim 10 di antaranya.

Dua dari 10 gelang yang dimenangkan Doyle datang di acara WSOP sangat bergengsi, Kejuaraan Dunia. Tidak inginkan kalah dengan teman-temannya Preston dan Roberts, yang setiap memenangkan Acara Utama pada tahun 1972 dan 1975, Brunson memenangkan gelar back-to-back pada tahun 1976 dan 1977, pemenang kesatu kali dalam acara itu dalam format modernnya. Johnny Moss memang memenangkan dua Acara Utama WSOP kesatu, namun pada tahun kesatu, 1970, ia dipilih oleh rekan-rekannya sebagai pemain terbaik.

Setahun sesudah kemenangan Kejuaraan Dunia WSOP keduanya, Doyle Brunson, menerbitkan kitab poker paling dominan sepanjang masa, “Super System: A Course in Power Poker”. Ini juga tadinya mempunyai subtitle “Bagaimana Saya Memenangkan Satu Juta Dolar Bermain Poker.” Awalnya kitab ini diterbitkan sendiri, namun seiring waktu kitab ini menjadi petunjuk strategi poker yang paling ditelusuri di dunia. Super System ialah buku kesatu yang pernah ditulis oleh pemain profesional terkenal, menyerahkan wawasan mengenai bagaimana Doyle Brunson menjadi pemain poker terbaik di zamannya. Buku tersebut juga ditulis bareng oleh semua profesional terkenal laksana mendiang Chip Reese, Mike Caro, David Sklansky, dan Bobby Baldwin. Buku tersebut tidak diterima dengan baik oleh mayoritas profesional poker profesional, dengan tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana seorang juara poker bahkan dapat memikirkan untuk menyerahkan rahasianya. Dalam tidak sedikit wawancara semenjak publikasi Sistem Super, Brunson tampaknya setuju dengan pronya, mengatakan andai dia memiliki peluang dia barangkali tidak menerbitkan kitab itu sebab dia percaya tersebut menghabiskan dananya dan memaksanya untuk mengerjakan perubahan pada permainannya. Namun, lembur sesama pro Brunson menyaksikan bahwa tersebut membawa lebih tidak sedikit pemain poker ke dalam permainan, dan pada gilirannya membuat lebih tidak sedikit uang yang bakal dihasilkan. Sistem Super sudah menjadi begitu tidak sedikit dianggap bahwa untuk banyak profesional itu melulu dikenal sebagai “The Bible of Poker.”

Karya Pertama Brunson

Pada tahun 1984, Brunson menerbitkan, “Berdasarkan keterangan dari Doyle,” yang sejak tersebut judulnya pulang menjadi “Poker Wisdom of a Champion.” Buku ini lebih mempunyai sifat anekdot daripada pemberian saran, tetapi menyerahkan sekilas tentang jati diri santai Brunson, yang memiliki pun berkontribusi pada ketenaran di semua dunia. Kemudian pada tahun 2004, lama dirindukan dan diantisipasi Super Sistem II diterbitkan, dan sementara tersebut belum dianggap lumayan serta aslinya, urusan ini masih mesti menyimak untuk calon pemain agen poker terpercaya di mana-mana. Juga, seperti kitab kesatu, terdapat penulis bareng yang mencatat tentang permainan di mana mereka telah menjangkau paling sukses. Pemain yang menghiasi halaman-halaman Sistem Super 2 ialah pemain hebat poker modern; Daniel Negreanu, Lyle Berman, Johnny Chan, dan Jennifer Harman.

Brunson dapat saja dilantik ke dalam Hall of Fame Poker ketika Super System diterbitkan, tetapi justeru harus menantikan sampai 1988 guna dilantik. Brunson tidak melulu dilantik ke dalam Hall of Fame karena kitab poker atau kesuksesannya di meja poker (termasuk menjadi pemain kesatu yang pernah memenangkan satu juta dolar dalam turnamen poker), ia diabadikan untuk menolong membuat poker permainan terhormat. Memang, permainan Texas kecil yang ia ikuti sekitar masa-masa tadinya tidak benar-benar naik dan turun, namun seiring masa-masa Brunson mengindikasikan bahwa poker dapat menjadi permainan untuk seluruh orang.

Sebenarnya, semua dewa poker tidak dapat menciptakan utusan besar yang lebih baik guna permainan mereka. Brunson dengan mudah ialah salah satu pemain poker sangat asli yang pernah duduk di meja, dan saat Anda mengombinasikannya dengan kenyataan bahwa ia pun dengan gampang salah satu pemain terbaik guna duduk di meja, Anda bisa menyadari kenapa ia sudah menjadi baik guna permainan. Ada tidak sedikit pemain poker hebat dalam sejarah gim hebat ini, tetapi paling sedikit yang memiliki keterampilan untuk mempromosikan gim jauh dari meja. Jika Chris Moneymaker dan poker online bertanggung jawab guna “Poker Boom” modern, maka Brunson sendirilah yang sangat bertanggung jawab atas “booming” poker kesatu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *